CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

hello guys, hope u enjoy my blog

Selasa, 11 November 2008

rangkuman bab 1 dan 2 buku TIK kelas 9

Bab 1

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network yang artinya jaringan yang saling terhubung.Ada 2 peranan internet yang sangat penting yaitu 1) sebagai sumber data dan informasi, 2) sarana pertukaran data dan informasi. Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Dari sekian banyak aplikasi di internet, yang paling umum digunakan adalah World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping.

1. World Wide Web (www)
Aplikasi ini yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. www adalah dokumen2 internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia (HTML).

2. Electronic Mail (E-Mail)
E-mail adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.

3. Mailing List
Aplikasi ini adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.

4. Newsgroup
Aplikasi ini adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Forum ini membahas topik-topik tertentu.

5. Internet Relay Chat
IRC adalah aplikasi internet yg digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Hal ini dikenal dengan istilah Chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita.

6. File Transfer Protocol
FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat. Aplikasi ini sering digunakan untuk mendownload data dari internet.

7. Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita memiliki IP address dari komputer yang akan diakses dan harus mempunyai hak atas username dan passwordnya.

8. Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Untuk menggunakan, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server.

9. Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di Internet.
Jadi kegunaan internet adalah:

1. Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yg cepat dan murah
2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi
3. Sebagai media promosi
4. Sarana komunikasi interaktif
5. Sarana penelitian dan pengembangan
6. Sarana untuk mempertukarkan data.

Sejarah Perkembangan Internet

Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadi perang nuklir. Hal ini memulai penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yg dimiliki dalam satu instalasi. Pada tahun 65, dengan bantuan dana dari ARPA, mereka mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Pada tahun 66, Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan. Akhirnya berhasil. Internet yg pd masa itu disebut dengan ARPANET. Pertama kali online tahun 1969 dan menghubungkan beberapa kimputer di universitas di bagian barat daya AS. Tapi perkembangannya masih terbatas pada lembaga tertentu. Tahun 71, The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet. Untuk jarak jauh dan FTP untuk download. Pada tahun 72 ditemukan @ yg menjadi standar dunia.Pada tahun 73, dimulai pengembangan sebuah protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yg dipimpin oleh Vinton Cerf. Pada tahun 86, internet dipakai secara umum.Pada tahun 81, internet berkembang dengan pesat.. Pada tahun 90, ARPANET ditutup dan berkembang dari 4 jaringan komputer menjadi 300.000 jaringan. Sampai pada akhirnya Microsoft mengembangkan Microsoft Internet Explorer. Setelah itu internet menjadi berkembang lebih cepat. Jika penduduk dunia sebanyak 6.499.697.060 orang, maka 16,56% penduduk dunia telah terhubung dengan internet. Perkembangan internet di Indonesia juga tak kalah cepat. Menurut eTForcasts jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2005 telah mencapai 18.000.000 orang atau 3,6 lebih besar dari yg diperkirakan.

E-Commerce atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yg dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Biaya lebih murah. Keuntungan penjual :
1. Produk terjual kepada lebih banyak orang
2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi
3. Biaya yang dikeluarkan berkurang
4. Karena biaya berkurang, maka harga menjadi lebih murah
5. Barang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan.
Keuntungan pembeli :
1. Konsumen tidak usah datang ke toko
2. Konsumen dapat menghemat waktu
3. Konsumen lebih banyak pilihan
4. Konsumen dapat membeli barang dari belahan dunia lain
5. Harga barang jadi lebih murah

Internet Banking memberi banyak keuntungan bagi nasabah bank, karena nasabah tidak perlu repot-repot ke bank dan dapat memperkecil gaji karyawan bank. Dari E-banking kita bisa melihat saldo, transaksi2, dll..

Belajar Jarak Jauh agar sistem belajar menjadi mandiri dan menjadi lebih murah.dan jika jarak jauh, menjadi lebih efektif. Ada beberapa faktor yg harus dpenuhi agar internet dapat dimanfaatkan menjadi media belajar jarak jauh :

1. Institusi Penyelenggara
2. Pengajar
3. Siswa
4. Tekhnologi

Keamanan Data dalam Transaksi di Internet merupakan hal yg sangat penting untuk diperhatikan. Contoh jangan sampai ada orang lain yg tahun password kita. Dll. Contohnya:

1. Kita harus memahami prosedur yang diberikan dari bank (dalam e-banking)
2. Setelah selesai dari layanan toko online, klik logout
3. Kita tidak boleh meninggalkan komputer jika sedang login e-banking
4. Komputer harus dilengkapi antivirus yg up to date
5. Gunakan hanya secara pribadi dalam ebanking atau toko online
6. Kita harus menjaga dengan aman tentang informasi kartu kredit,username,password milik kita.

Bab 2

Kumpulan komputer yg terhubung satu dengan lainnya disebut jaringan komputer . Dalam sebuh jaringan terdapat sebuah komputer server dan komputer client.Bila jaringan komputer terdapat di internet, komputer server berfungsi menjadi gateway. Manfaat jaringan komputer adalah :
1. Membagi sumber daya
2. Reliabilitas tinggi
3. Menghemat uang
4. Sarana komunikasi

Dilihat secara fisik, jaringan komputer dibagi menjadi dua yaitu jaringan kabel dan nirkabel, . Secara umum jaringan komputer dapat digolongkan atas empat jenis yaitu:

1. Local Area Network (LAN)
2. Metropolitan Area Network (MAN)
3. Wide Area Network (WAN)
4. Internet.

Perangkat jaringan komputer sbb:

1. Server
2. Client
3. Kartu Jaringan
4. Hub
5. Kabel dan konektor
6. Repeater
7. Bridge
8. Router

KOMUNIKASI DATA adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas yaitu internet. Komunikasi antar dua komputer dapat diibaratkan dengan mengirimkan surat atau paket ke tempat yang jauh. Komputer menggunakan protokol-protokol komunikasi data, Salah satu protokol yg menangani daerah ygn terluas adalah TCP/IP yang mempunyai kelebihan yaitu dapat mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan.TCP/IP terdiri dari 4 lapis kumpulan protokol adalah
- Application Layer
- Transport Layer
- Internet Layer
- Network Interface Layer

Pada saat mengirimkan data, setiap protokol akan menambahkan informasi kpd setiap paket data sebelum meneruskan paket data tersebut ke layer dibawahnya. Salah satu tujuan jaringan komputer dan internet dibuat adalah agar dua komputer atau lebih dapat saling berbagi sumber daya. Kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan (bandwidth).

KEAMANAN DATA DALAM JARINGAN. Ada beberapa cara untuk mengamankan data2 kita yang ada di dalam internet seperti dijelaskan di bab sebelumnya. Ada beberapa metode atau cara jerka yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer antara lain:

1. Spoofing
2. Scanner
3. Sniffer
4. Password Cracker
5. Destructive Devices

Untuk mengamankannya:

1. Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal
2. Kriptografi adalah seni menyandikan data
3. Secure Socket Layer (SSL) berfungsi untuk menyandikan data.

1 komentar:

Wijaya kusumah mengatakan...

Terima kasih atas tugas internetnya, jangan lupa bab3 dan bab4 juga harus dimasukin ke blog kamu.

Kelola dan berkreativitaslah dalam blog kamu. jangan biarkan blog kamu sepi oleh pengunjung.

thx

Thanks for visiting comment